Pages

Tuesday, September 24, 2013

Tips Memilih Hotel Murah di Indonesia


Musim liburan sebentar lagi. Anda perlu segera mempersiapkan kemana akan berlibur dan menyusun semua rencana lebih awal. Kenapa begitu? Karena dengan memesan hotel lebih awal Anda akan mendapatkan harga lebih murah untuk semua hotel di Indonesia. Tak hanya di Indonesia, bahkan cara ini efektif digunakan untuk pemesanan semua hotel yang ada di belahan dunia. Early bird, begitu istilahnya. Berikut ini kami akan tulis beberapa tips yang mungkin berguna bagi Anda untuk mendapatkan Hotel Murah di Indonesia.

Artikel ini kami siapkan untuk wisatawan yang memiliki budget terbatas, namun bisa jadi referensi juga bagi Anda yang budget atau dana liburannya tak terbatas. Berikut beberapa tips untuk memilih hotel murah dan nyaman di Indonesia:

1. Rencanakan liburan
Hotel atau tempat menginap di Indonesia atau dimanapun lokasinya, terutama di daerah tujuan wisata favorit biasanya akan penuh atau full book saat musim liburan tiba. Perencanaan yang matang jauh-jauh hari adalah kunci utama memastikan liburan Anda dan keluarga berjalan lancar tanpa hambatan. Setelah menentukan hari dan lamanya liburan, segeralah memilih hotel dan memesan hotel. Keuntungannya; Anda akan mendapatkan harga lebih murah dan tidak takut kehabisan kamar hotel.

2. Lokasi Hotel
Lokasi hotel akan menentukan kenyamanan Anda saat berlibur, serta juga akan menentukan berapa biaya transportasi yang harus disiapkan. Sebaiknya memilih lokasi hotel yang dekat dengan tempat wisata utama yang ingin dikunjungi. Pastikan juga lokasi hotel itu dekat dengan tempat makan atau restoran. Karena liburan tanpa menikmati penganan lokal serasa kurang klop juga. Lokasi hotel yang dekat tempat wisata akan menghemat biaya transport, meski biasanya hotel-hotel yang dekat dengan tempat wisata di Indonesia harganya lebih tinggi tinimbang hotel yang berada jauh dari tempat wisata.

3. Fasilitas Hotel
Selain lokasi hotel, kenyamanan Anda berlibur juga akan ditunjang oleh fasilitas hotel, namun sebaiknya carilah hotel dengan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan. Misal, bagi Anda yang ingin berlibur ke suatu tempat di Indonesia dan memilih untuk lebih banyak untuk beristirahat maka pilihlah hotel dengan fasilitas yang bisa memanjakan diri. Sedangkan bagi Anda yang lebih banyak berada di luar hotel dan menghabiskan waktu untuk mengeksplorasi tempat wisata, lalu untuk apa semua fasilitas hotel itu jika pada akhirnya Anda tidak akan dapat menikmatinya secara penuh. Sebab, semakin bagus dan banyak fasilitas yang ditawarkan oleh hotel, maka konsekuensinya adalah biaya yang harus dikeluarkan juga lebih tinggi.

4. Harga Hotel
Lokasi dan fasilitas menentukan harga hotel. Setelah membaca tips sebelumnya, kini saatnya bagi Anda menentukan hotel yang dipilih sesuai budget. Setelah menentukan budget saatnya memilih travel agent online yang akan membantu Anda melakukan booking. Ah, kalo bisa secara langsung memesan online pada hotelnya kenapa harus melalui agent yang sudah pasti cari untung! Pernyataan tersebut jamak terdengar di kalangan wisatawan, dulu. Kini, wisatawan mulai mengerti travel agen online besar sangat membantu dalam hal ini. Sebagai contoh, hotel menentukan harga Rp. 700.000 / malam / kamar + 21% tax and service. Itu artinya Anda akan keluar biaya Rp. 847.000. Sedangkan lewat travel agent, mereka tentu sudah memiliki kontrak dengan hotel bersangkutan dan memiliki bargaining tersendiri. Intinya mereka (travel agent) akan menawarkan harga dibawah harga yang ditawarkan hotelnya sendiri. Sebagai contoh, travel agent akan menawarkan harga Rp. 600.000 Nett. Artinya harga yang dibayarkan tersebut adalah harga total yang dibayarkan tanpa membayar pajak dan servis. Tentu, nilai Rp. 600.000 itu sudah memberikan keuntungan bagi si travel agent.
Atau, bagi yang belum merencanakan liburannya, dan ingin mencoba peruntungan dapat memanfaatkan Last Minute Deal. Banyak hotel menawarkan harga last minute (harga khusus dengan diskon besar untuk pemesanan pada hari yang sama).

5. Baca Review Pengguna
Sebenarnya langkah ke 4 dan ke 5 seharusnya dilakukan bersama. Dengan melihat review pengguna kita akan sedikit tidaknya mendapatkan gambaran mengenai hotel yang akan kita booking.

Sekian dulu Tips Memilih Hotel Murah di Indonesia. Semoga bermanfaat dan Anda dapat menghemat biaya liburan tanpa mengurangi kenyamanan. Bagi Anda yang ingin segera membooking hotel di Indonesia mulai dari  kelas melati hingga bintang 5, http://www.hargahotel.com/ agen booking hotel online Indonesia ini bisa membantu Anda.

No comments: